Monday, February 2, 2009

BAHAYA MEROKOK

Jika anda perokok, sadarilah tentang pengaruh rokok bagi tubuh anda. Rokok tembakau berisi 3 benda yang tinggi bahayanya yaitu : tar, nikotin & karbonmonoksida
Tar pada rokok tertimbun sebagai kotoran pekat yang menyumbat & mengiritasi paru-paru & sistem pernafasan, menyebabkan penyakit bronchitis kronis & emphysema dan dalam beberapa kasus menyebabkan kanker paru-paru, penyakit maut yang hampir tak dikenal oleh mereka yang bukan perokok. Racun kimia dalam tar itu juga meresap ke dalam aliran darah & kemudian dikeluarkan di urine. Adanya zat tajam semacam itu di kandung kemih dikenal sebagai penyebab bagi timbulnya kanker kandung kemih.
Nikotin adalah suatu zat mencandu yang mempengaruhi sistem syaraf, mempercepat detak jantung & menambah resiko penyakit jantung.
Karbon monoksida, meresap dalam aliran darah dari rokok tembakau, mengurangi kemampuan sel-sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap sistem peredaran darah. selain itu, karbon monoksida memudahkan penumpukan zat-zat penyumbat pembuluh nadi menyebabkan serangan jantung yang fatal serta menimbulkan gangguan sirkulasi darah di kaki.

No comments:

Post a Comment