Thursday, November 27, 2008

Atasi Kerontokan dengan Perawatan Rambut Ekstra

Ketika mencapai usia lanjut, fungsi seluruh organ tubuh menurun. Itu dinamakan hormonal imbalance. Demikian pula rambut dan kulit kepala. Berbagai permasalahan rambut, mulai kerontokan, rambut rusak, hingga kebotakan, kerap melanda para manula. Karena itu, para manula membutuhkan perawatan ekstra untuk membantu mengatasi masalah rambut.

Di antara sekian permasalahan rambut, sebagian besar manula menghadapi momok kerontokan rambut. Banyak warga evergreen mengeluhkan rambutnya yang mulai menipis dan lepek. Jika tidak segera diatasi, itu bisa mengakibatkan kebotakan.

Untuk itu, menurut owner dan artistic director Rever Academy, Marina Adia Indra, perawatan rambut ekstra perlu dilakukan sejak dini. "Paling tepat, perawatan ekstra dimulai menjelang usia 40 tahun," jelasnya.

Yang dimaksud perawatan ekstra adalah rangkaian perawatan rambut, baik dilakukan di rumah maupun di salon kecantikan, secara rutin. "Tidak harus mahal. Yang penting tepat dan sesuai dengan kondisi rambut," lanjut Marina yang juga hairdresser. Yang penting, kata dia, perawatan yang dilakukan harus menyeluruh. Mulai rambut hingga kulit kepala.

Di rumah, warga evergreen bisa mulai menggunakan hair tonic. Ada dua macam hair tonic yang bisa digunakan. Pertama, hair tonic yang berfungsi mencegah kerontokan. Hair tonic kedua berfungsi menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan.

"Dari kedua jenis hair tonic tersebut, harus dipilih yang paling cocok bagi kondisi rambut mereka. Misalnya, yang mengalami kerontokan ya memakai hair tonic yang bisa menumbuhkan rambut," tutur konsultan 22 tahun itu.

Hair tonic baik digunakan setelah keramas. "Semakin sering digunakan, semakin baik hasilnya. Paling tidak setelah keramas dua hari sekali," jelasnya.

Di samping penggunaan hair tonic, para manula harus memperhatikan penggunaan sampo dan conditioner yang sesuai dengan kondisi rambut. "Untuk rambut yang berminyak, pilih sampo khusus rambut berminyak, begitu juga conditioner-nya. Jika sampo dan conditioner tidak tepat, akibatnya, rambut mengalami kerontokan," papar Marina.

Marina juga menyarankan perawatan di salon kecantikan. "Ada baiknya jika kita bisa berkonsultasi seputar masalah rambut kepada ahlinya. Jadi, perawatan yang kita lakukan bisa tepat," ujarnya. Dia melanjutkan, dengan berkonsultasi, warga evergreen bisa mendapatkan perawatan yang tepat sekaligus pengetahuan seputar kondisi rambut mereka.

Perawatan yang bisa dilakukan di salon, antara lain, creambath, hair spa, dan hair mask. Menurut Marina, perawatan-perawatan tersebut tidak perlu terlalu sering dilakukan. "Yang penting rutin. Bisa dua kali atau sekali sebulan," ujarnya.

Marina juga memberikan saran bagi para wanita manula yang mengenakan jilbab. Dia mengatakan, rambut yang sering ditutup rentan mengalami ketombe dan kerontokan. Untuk itu, harus dilakukan perawatan ekstra. "Jangan biarkan rambut yang masih lembap ditutup jilbab. Misalnya sehabis keramas. Tunggu hingga rambut kering dan tidak lembap," tuturnya. (ken/tia)


Senin. 22 September 2008, http://www.jawapos.com/

No comments:

Post a Comment