Thursday, September 18, 2008

Sehat dengan Senam Ling Tien Kung

Sembuhkan Penyakit, Remajakan Otot


Tidak banyak yang tahu bahwa bagian tubuh yang berfungsi mengeluarkan kotoran atau biasa disebut anus bisa menjadi alat membangkitkan energi diri sendiri. Gerakan-gerakan dalam senam bernama Ling Tien Kung menunjukkan caranya.

Dikenalkan empat tahun lalu, senam tersebut memiliki arti ilmu titik awal. Tujuannya membangkitkan tenaga titik nol untuk menyehatkan badan. Dengan kata lain, kesehatan seseorang terjadi karena usaha dari dalam diri sendiri.

Gerakan utama Ling Tien Kung terletak pada melakukan kontraksi otot anus dibarengi otot pusat perut. Gerakan tersebut diibaratkan cara untuk me-charge aki manusia sebagai upaya penyembuhan diri sendiri atau self healing. Jika bingung melakukannya, bayangkan saja saat ketika ingin buang air besar ke kamar mandi, namun tidak bisa segera terwujud.

Menurut Prawira Hadi Tjandra, salah seorang pelatih Ling Tien Kung, melakukan kontraksi otot tersebut sama dengan menyimpan energi yang telah didapat dari alam semesta. Karena itu, dia menyarankan gerakan tersebut dilakukan sebanyak mungkin setiap hari. ''Jika memungkinkan kontraksi itu 1.500 kali sehari,'' ujar pria yang akrab disapa Tjandra tersebut.

Senam Ling Tien Kung terdiri atas gerakan-gerakan yang tampaknya mudah dilakukan. Misalnya, berjongkok sambil berjinjit, merentangkan tangan ke samping, atau menekuk satu kaki dalam posisi berdiri.

Namun, gerakan-gerakan yang terbilang simpel tersebut akan terasa sulit karena harus dilakukan dalam jangka waktu cukup lama. ''Normalnya ya sekitar 60 detik untuk masing-masing gerakan. Atau 300 kali untuk gerakan yang harus dilakukan berulang-ulang,'' jelas pelatih berusia 77 tahun itu.

Tjandra menambahkan, tidak sedikit para pemula yang menyerah di tengah-tengah senam berdurasi sekitar 40 menit itu. ''Baru merentangkan tangan ke samping selama 10 detik sudah tidak kuat. Banyak juga yang tidak kuat melakukan 300 gerakan berulang-ulang. Jadi, ya harus telaten,'' tutur Tjandra yang tinggal di kawasan Indrapura tersebut.

Untuk itu, dia menyarankan agar para pemula rutin melakukan latihan. Setidaknya seminggu 3-4 kali. Dalam waktu kurang dari sebulan, manfaat senam tersebut akan terasa. Yang paling terlihat, rasa pegal-pegal yang biasa dialami warga evergreen akan berkurang. Bagi yang memiliki penyakit jantung, darah tinggi, atau kencing manis, bukan tidak mungkin penyakit tersebut akan berangsur-angsur sembuh sendiri. Dan tentu, tubuh bisa terasa lebih bugar.

''Asalkan rutin dilakukan sesuai jadwal latihan, penyakit-penyakit berat tersebut akan sembuh sendiri,'' tegas Tjandra yang selalu didampingi sang istri, Fang Lien, kala melatih senam itu.

Tjandra mengaku mendapat manfaat luar biasa setelah rutin melakoni senam tersebut. Dulu, dia tidak bisa berolahraga sambil berdiri. Gerakan olah tubuh selalu dilakukan sambil duduk. Ketika mendengar tentang Ling Tien Kung, dia tertarik mencoba. Hasilnya, dia tidak hanya mampu berolahraga dalam posisi berdiri, melainkan mampu berjongkok sambil berjalan atau dinamakan berjalan bebek.

Ling Tien Kung kali pertama diciptakan oleh warga Surabaya, Fu Long Sweet, 73. Latihan rutin biasa dilakukan di beberapa tempat seperti AJBS, Central Park Mulyosari, dan Graha Famili. Hingga kini, tercatat sudah ratusan orang yang aktif mengikuti senam tersebut. ''Ini bukan senam pagi biasa. Senam ini bisa menyembuhkan penyakit sekaligus meremajakan kembali otot-otot tubuh,'' tegas Tjandra. (ken/ayi)

Gerakan 1:

Ambil posisi jongkok. Kemudian, ambil posisi berjinjit dengan ujung kaki sebagai tumpuan. Tahan posisi itu selama 30 detik.

Gerakan 2:

Berdiri tegak. Kemudian, kaitkan kedua tangan, tarik setinggi-tingginya di atas kepala. Tahan posisi tersebut selama 50 detik.

Gerakan 3:

Berdiri tegak. Tekuk satu kaki. Tahan posisi itu selama 30 detik. Ganti dengan kaki satunya.

Gerakan 4:

Berdiri tegak. Kepalkan kedua tangan di samping pinggang. Kemudian, angkat salah satu kaki ke depan. Tahan posisi tersebut selama 30 detik. Ganti dengan kaki sebelahnya.

Gerakan 5:

Berdiri tegak. Rentangkan kedua tangan sejajar ke depan. Posisi kaki berjinjit. Kemudian, gerakkan kaki naik turun. Lakukan gerakan itu sebanyak 300 kali. (Jika tidak kuat, cukup 100 kali)

Gerakan 6:

Ambil posisi berjongkok. Lalu, dalam posisi tersebut, berjalan dengan 16 langkah ke depan. kemudian, berbalik dengan posisi semula sebanyak 16 langkah. (Tidak disarankan bagi para manula yang memiliki masalah dengan kaki)

Catatan: Sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan. Jika tidak kuat, porsi latihan bisa diturunkan.

Tentang Senam Ling Tien Kung

Mengutamakan teknik kontraksi otot anus dibarengi dengan otot pusat perut dengan tujuan menyimpan energi.

Disebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti jantung, darah tinggi, dan kencing manis, sekaligus bisa meremajakan otot-otot tubuh.

Dilakukan rutin 3-4 kali seminggu.

Manfaat dari senam Ling Tien Kung akan terasa kurang dari satu bulan.

Dipercaya mampu memulihkan produk hormon sebagai perangsang gairah seksual.

Gerakan-gerakan senam Ling Tien Kung kelihatan mudah dilakukan. Namun, karena durasi yang cukup lama (sekitar 50 detik tiap gerakan diam) dan intensitas gerakan yang tinggi (sekitar 100 kali ke atas), dibutuhkan ketahanan dan ketelatenan yang tinggi.

Ditemukan oleh Fu Long Sweet empat tahun lalu.


sumber: http://www.jawapos.com, Sabtu, 13 September 2008

3 comments:

  1. artikelnya keren sis. Mungkin akan lebih keren lagi kalo diberi sedikit ilustrasi berupa gambar atau video karena senam ini kan termasuk baru dan baru beberapa masyrakat saja yang tahu ^^. Oiya tau gak yang jual baju senam crystal di Surabaya? terimakasih ^^

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Gan
    senam Ling Tien Kung ini dari negara mana yaa? adakah kelas senam Ling Tien Kung pada sanggar senam diSurabaya? dan untuk baju senam terbaru modelnya seperti apakah untuk senam Ling Tien Kung?

    ReplyDelete
  3. Gerakan senam bisa dilihat diyoutube...lebih jelas.

    ReplyDelete